vadakkuvaasal.com

Kaca Film Gelap Bisa Pengaruhi Sinyal Ponsel, Mitos atau Fakta?

Kaca film V-Kool
Lihat Foto


JAKARTA, - Beberapa pemilik kendaraan punya pilihan tersendiri dalam menentukan tingkat kegelapan kaca film untuk kendaraannya.

Ada yang memilih menggunakan kaca film yang transparan, tetapi tidak sedikit pula yang memilih tingkat kegelapan lebih tinggi dengan berbagai pertimbangan.

Namun, ada yang beranggapan bahwa tingkat kegelapan pada kaca film bisa berpengaruh terhadap sinyal ponsel. Lantas, benarkah demikian?

Baca juga: Skutik Honda NX125RX Punya Desain Sporty dan Ringkas

Linda Widjaja, Vice President Director, PT V-KOOL Indo Lestari mengatakan, kadar gelap kaca film sama sekali tidak berpengaruh pada sinyal ponsel.

“Mitos, mau menggunakan ponsel merek dan model apapun sinyal tetap bisa di akses. Walaupun kaca film berbahan metal, tidak akan merusak sinyal,” kata Linda, saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Proses pemasangan kaca film /Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film

Sementara itu, Christopher Sebastian, Presiden Direktur Makko Group menjelaskan, faktor yang bisa mempengaruhi sinyal ponsel adalah bahan dasar dari kaca tersebut.

“Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” ujar Christopher.

Christopher menambahkan, sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen agar tidak mengganggu sinyal ponsel.

Senada dengan Christopher, Martin dari salah satu diler Authorized 3M, menjelaskan bahwa tingkat kegelapan kaca film tidaklah berpengaruh pada sinyal ponsel. Kata dia, yang bisa mempengaruhi sinyal adalah bahan yang digunakan pada kaca film tersebut.

Baca juga: Tips Cegah Ban Mobil Dicuri Saat Kondisi Parkir

Setidaknya ada tiga jenis bahan dasar yang selama ini dipakai untuk membuat kaca film, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic.

“Yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal. Biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan bisa menghambat sinyal ponsel,” kata Martin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat