vadakkuvaasal.com

Menhub Minta Produksi Bus Tak Sekadar Berkualitas Saja

Bus listrik buatan Karoseri Laksana di Busworld 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta agar dalam setiap produksi bus pabrikan tak sekadar mementing sisi kualitas, tapi juga aspek keselamatan.

"Saya minta fokusnya tidak hanya memproduksi bus yang berkualitas, tetapi juga berkeselamatan. Aspek keselamatan ini adalah perhatian utama kita jika berbicara tentang transportasi," ujar Budi dalam keterangan resminya, Rabu (15/5/2024).

Tak hanya itu, dalam kunjungannya ke pameran Busworld Southeast Asia, Budi juga mendorong tren industri transportasi yang berteknologi tinggi dan berkelanjutan. Salah satunya melalui penggunaan bus listrik agar bisa ditingkatkan.

Baca juga: Busworld 2024 Resmi Dibuka, Banyak Bus Listrik Dipamerkan

Menurut Budi, saat ini sudah ada 81 unit bus listrik yang telah mengantongi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). Untuk ke depannya, pemerintah juga akan terus mendorong populasinya akan makin masif.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Busworld Southeast AsiaKEMENHUB Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Busworld Southeast Asia

Hal ini karena kehadiran bus listrik dianggap sangat memberikan dampak bagi lingkungan, dan menjadi salah satu solusi untuk menekan polisi udara yang menjadi persoalan di kota-kota besar.

"Pemerintah mendorong perusahaan angkutan umum untuk dapat menyediakan transportasi yang ramah lingkungan. Di masa mendatang mungkin kita sudah mewajibkan di sejumlah kota besar harus menggunakan bus listrik," tutur Menhub.

Lebih lanjut, Budi mengapresiasi adanya pameran bus yang secara konsisten diadakan. Hal ini tak hanya bermanfaat bagi produsen dan pelaku bisnis di dunia transportasi, tapi juga jadi wadah edukasi bagi masyarakat.

Baca juga: Ternyata Warna Dasar pada Rambu Lalu Lintas Ada Artinya

Bus baru Karoseri New Armada, Skylander R22 Facelift Vision 8 Aero/FATHAN Bus baru Karoseri New Armada, Skylander R22 Facelift Vision 8 Aero

"Ini menjadi edukasi juga bagi masyarakat untuk melihat bus yang bagus itu seperti apa. Pengguna dapat memilih yang terbaik untuk digunakan, bukan hanya bagus secara fisik, tetapi juga saya minta komitmen berkaitan dengan," ujar Budi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat