vadakkuvaasal.com

Pakai GPS Bisa Dengarkan Percakapan di Kabin secara Realtime

Ilustrasi penggunaan GPS pada mobil.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam dunia bisnis rental mobil yang penuh dengan risiko, teknologi GPS telah menjadi alat pengaman yang sangat penting bagi pemilik usaha.

GPS tidak hanya sekadar alat pelacak lokasi kendaraan secara real-time, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional bisnis rental mobil.

"GPS perlu memiliki kemampuan lacak, mendengarkan percakapan penyewa, dan matikan mesin kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi," kata Hartono Budiman, CEO PT Sinergi Makmur Teknologi Transportasi, kepada , akhir pekan lalu.

Baca juga: Wajib Cek Fungsi Persneling Transmisi Manual Saat Beli Mobil Bekas

Kemampuan pelacakan real-time memungkinkan pemilik usaha untuk selalu mengetahui lokasi kendaraan mereka.

Fitur ini sangat berguna untuk memastikan bahwa kendaraan digunakan sesuai dengan perjanjian sewa dan tidak dibawa keluar dari area yang diizinkan.

Ilustrasi penggunaan GPS pada mobil.Trevo Ilustrasi penggunaan GPS pada mobil.

Hartono mengatakan, salah satu fitur yang juga harus ada dalam GPS adalah kemampuan untuk mendengarkan percakapan penyewa.

Fitur ini dapat memberikan informasi tambahan yang berguna bagi pemilik usaha dalam situasi-situasi tertentu, seperti ketika ada indikasi bahwa kendaraan mungkin digunakan untuk tujuan ilegal atau melanggar perjanjian sewa.

Baca juga: Trik Naik Bus Transjakarta Hanya Bayar Rp 2.000

Selain itu, fitur untuk mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi memberikan lapisan keamanan tambahan.

"Dengan kemampuan ini, pemilik kendaraan dapat segera mengambil tindakan jika terdeteksi aktivitas mencurigakan atau pelanggaran oleh penyewa," jelas Hartono Budiman.

Misalnya, jika kendaraan dicuri atau digunakan untuk aktivitas yang tidak diizinkan, pemilik bisa mematikan mesin kendaraan dengan segera, mencegah kerugian lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat