vadakkuvaasal.com

Ganti Ban Mobil Ukuran Besar, Rem Wajib Disesuaikan

Saat ganti ban ukuran ukuran lebih besar, maka rem harus disesuaikan.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam dunia otomotif, kebutuhan akan ban mobil yang sesuai menjadi salah satu faktor penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Ada sebagian orang yang memilih ban mobil dengan ukuran lebih besar dari standar pabrik.

Pilihan ini sering kali didorong oleh keinginan untuk memberikan tampilan lebih gagah dan sporty pada kendaraan mereka.

Memang, memasang ban dengan ukuran lebih besar bisa dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar modifikasi ini tetap aman dan sesuai.

Baca juga: Naik Bus Transjakarta Tarif Rp 1 Saat HUT Kota Jakarta

Salah satu aspek yang sangat penting adalah penyesuaian pada sistem pengereman. Mengganti ban dengan ukuran lebih besar tanpa memperhatikan ukuran rem dapat berpotensi membahayakan keselamatan.

"Kalau mau ban yang besar, rem juga harus disesuaikan, dibesarkan," kata Efo, pengelola Warna-Warni Ban di Jakarta Selatan, kepada pada Selasa (11/6/2024).
Efo menegaskan, bahwa rem yang tidak disesuaikan dengan ukuran ban yang lebih besar akan mengurangi efektivitas pengereman.

Memilih ban mobil dengan ukuran yang tak sesuai standar, akan berpengaruh pada performa mobil.Multistrada Memilih ban mobil dengan ukuran yang tak sesuai standar, akan berpengaruh pada performa mobil.

"Kalau ban diubah ke ukuran lebih besar, sementara remnya tidak, nanti remnya kurang menggigit," tambahnya.

Ban yang lebih besar biasanya memiliki berat dan ukuran yang lebih besar pula sehingga memerlukan daya pengereman yang lebih besar untuk bisa menghentikan kendaraan dengan aman.

Baca juga: Video Dispenser SPBU Terbakar Akibat Mobil Tancap Gas Saat Isi BBM

Tanpa penyesuaian rem, kendaraan dengan ban lebih besar akan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang, yang tentu saja bisa meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam situasi darurat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat