vadakkuvaasal.com

Video Viral Innova Zenix Gagal Menanjak akibat Kehilangan Traksi

Video viral Innova Zenix gagal menanjak
Lihat Foto

KLATEN, - Beredar video Innova Zenix gagal melibas sebuah tanjakan tajam di atas jalan aspal. Dalam video tersebut tampak roda depan spinning atau berputar sangat kencang menandakan kehilangan traksi.

Pengemudi sudah mencoba bermanuver zig-zag agar cengkeraman tapak ban kembali normal meski berada di jalan licin. Namun, usaha tersebut gagal, roda depan selaku penggerak tetap berdecit.

Akhirnya, mobil tersebut berhasil maju setelah didorong oleh beberapa warga yang berada di lokasi. Video ini viral setelah diunggah oleh akun Instagram @achmad_subehi dan mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Baca juga: Tempuh Semarang-Cirebon Non Tol, Seberapa Irit Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

 

Sebagian dari mereka meragukan kemampuan pengemudi, ada juga yang menyayangkan Innova Zenix sudah berpenggerak roda depan, dan tidak sedikit juga yang memberikan trik seperti mengurangi tekanan ban serta melaju mundur.

Sebagai catatan, belum diketahui Innova Zenix tersebut tipe hybrid atau bermesin ICE, yang pasti semua varian Zenix bertransmisi matik dan memakai sistem penggerak roda depan (FWD).

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mengatakan, mobil dengan sistem FWD lebih rawan selip saat melewati tanjakan, terlebih lagi kondisinya licin sehingga diperlukan keahlian khusus.

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Jika ban mobil sudah spin, kendaraan justru akan merosot di tanjakan, atau diam di tempat,” kata Jusri kepada , belum lama ini.

Baca juga: Menikmati Pesona Nepal van Java dengan Innova Zenix Hybrid

Innova Zenix butuh cara pengoperasian sedikit berbeda agar peluang dapat melibas tanjakan lebih besar.Tangkapan layar Innova Zenix butuh cara pengoperasian sedikit berbeda agar peluang dapat melibas tanjakan lebih besar.

Jusri mengatakan, untuk memulainya, pastikan roda berputar secara perlahan agar traksi tetap terjaga. Hal ini berbeda dengan cara pengemudi Innova Zenix di dalam video viral tersebut.

“Gunakan juga rem tangan untuk menahan kendaraan tidak merosot saat mobil mulai bergerak, lalu turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan buru-buru menginjak pedal gas,” ucap Jusri.

Eko Sulistyo, Technical Leader Nasmoco Demak, mengatakan, Innova Zenix dibekali transmisi otomatis dan FWD sehingga membutuhkan cara pengoperasian khusus saat menanjak.

Baca juga: Ajak Yaris Cross dan Zenix Hybrid ke Negeri di Atas Awan

Innova Zenix pakai sistem penggerak roda depan (FWD) kerap diragukan oleh masyarakat.Tangkapan layar Innova Zenix pakai sistem penggerak roda depan (FWD) kerap diragukan oleh masyarakat.

“Pengemudi bisa memanfaatkan fitur traction control, default-nya On jadi pastikan tidak mengubah settingan tersebut agar fitur tetap aktif, selanjutnya gunakan percepatan rendah dan memulainya dengan gas perlahan,” ucap Eko kepada , Senin (15/4/2024).

Eko mengatakan, traction control akan membatasi putaran mesin serta membuat roda mengerem secara otomatis ketika mulai terdeteksi selip. Dengan demikian, traksi atau cengkeraman tapak ban terjaga baik.

“Selain itu, memang setiap mobil memiliki batas, bila tanjakan terlalu ekstrem maka bisa jadi mobil tersebut memang tidak sanggup, jadi jangan dipaksakan lebih baik cari jalan alternatif, selain itu skill pengemudi juga menentukan,” ucap Eko.

Baca juga: Innova Zenix Hybrid Lebih Laku daripada Zenix Bensin


Eko mengatakan, permukaan jalan yang licin baik basah maupun berpasir juga akan memengaruhi tingkat kesulitan sebuah tanjakan untuk dilewati selain kemiringan medan jalan. Jadi ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat