vadakkuvaasal.com

Impresi Berkendara Chery Tiggo 5X, Gesit Dipakai di Dalam Kota

Chery Tiggo 5X
Lihat Foto

JAKARTA, - Hadir sebagai penantang baru di segmen SUV ringkas yang ditempati Honda WR-V sampai Wuling Alvez, Chery Tiggo 5X membawa sejumlah aspek menarik. Salah satunya, pada sisi dapur pacu.

Mobil yang rencananya dijual dengan harga di bawah Rp 300 jutaan ini disematkan mesin 1.5 VVT yang mampu memasok tenaga 112 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm. Daya tersebut didukung dengan transmisi otomatis CVT 7-percepatan.

Lantas kira-kira, bagaimana ketika mobil dibawa di jalur perkotaan? Untuk buktikan hal tersebut, redaksi melakukan pengujian membawa Tiggo 5x selama tiga hari dengan rute Bekasi-Jakarta Selatan.

Baca juga: Razia Truk ODOL di Tol Cipularang Incar Dimensi dan Muatan Berlebih

Chery Tiggo 5XCSI Chery Tiggo 5X

Saat memasuki kendaraan, ruang kabin terasa cukup sporty dengan nuansa warna gelap yang dipadukan lis merah pada dasbor dan tidak ketinggalan jok. Dibungkus kulit berwarna gelap dengan benang merah.

Sedangkan bagian dashboard terpampang monitor layar sentuh 10,25 inci, yang juga dapat terkoneksi dengan perangkat gawai, serta pengaturan berbagai fitur kendaraan dan tidak ketinggalan layar MID dengan beberapa tampilan menarik.

Ketika pedal diinjak, akselerasi mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (N/A) mobil bisa dibilang biasa saja. Khas kendaraan serupa yang memakai mesin tersebut, gerung mesin cukup terdengar walau rpm masih rendah.

Baca juga: Harga Kompetitif, Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur Akhir Mei 2024

Chery Tiggo 5X/Ruly Kurniawan Chery Tiggo 5X

Tetapi yang jadi catatan redaksi, distribusi tenaga Tiggo 5X agak tertahan dalam putaran rendah sampai menengah. Membuat pengemudi yang baru membawa mobil ini agak khawatir bila harus menyalip.

Meski demikian, perpindahan gigi saat pedal gas diinjak terasa smooth dan menyenangkan.

Memasuki putaran atas atau 5.000 rpm, distribusi tenaga mobil barulah terasa optimal. Kendaraan begitu gesit dan mudah dikendarai, ditambah sektor pengereman yang mumpuni berkat kehadiran cakram di semua roda dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS).

Mobil ini juga terbilang nyaman diajak perjalanan jauh ataupun bertualang karena ground clearance yang cukup tinggi didukung dengan suspensi yang empuk serta kemampuan bermanuver yang baik.

Baca juga: Bahas Desain Chery Tiggo 5X, Kompak tapi Kekinian

Chery Tiggo 5X/Ruly Kurniawan Chery Tiggo 5X

Akan tetapi, pengaturan sistem suspensi MacPheterson pada bagian depan dan bagian belakang dengan Torsion Beam-nya ini masih terasa sedikit keempukan. Walau gejala limbung tidak turut terasa saat melewati tikungan.

Tiggo 5X juga disematkan stering mode yang terdiri dari normal dan sport, membuat pengemudi bisa mengatur ringan serta beratnya putaraan setir saat berkendara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat